5 Warna Surat Suara Pemilu 2019; Abu-Abu Untuk Presiden dan Wakil Presiden

Home / Berita / 5 Warna Surat Suara Pemilu 2019; Abu-Abu Untuk Presiden dan Wakil Presiden

JAKARTA – Pemilu yang akan dilaksanakan pada Rabu, 17 April mendatang adalah pertama kalinya kita akan memilih Presiden dan Wakil Presiden serta anggota legislatif dalam waktu yang bersamaan. Untuk memperlancar proses pengambilan suara, para pemilih perlu memperhatikan hal teknis terkait proses penyelenggaraan Pemilu 2019.

Masa pendaftaran di Tempat Pemungutan Suara (TPS) berlangsung mulai pukul 07.00 hingga pukul 13.00 Waktu Setempat. Sebelumnya, beredar kabar yang mengatakan pukul 13.00 adalah batas pengambilan suara. Hal tersebut telah diklarifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum Pusat bahwa pukul 13.00 adalah batas pendaftaran ulang pemilih dengan membawa e-KTP ataupun formulir A5 bagi pemilih pindahan.

Setelah melakukan pendaftaran ulang, panitia pemungutan suara (KPPS) memanggil nama pemilih satu per satu berdasarkan urutan pendaftaran ulang. Kemudian, pemilih akan mendapatkan 5 surat suara dengan warna yang berbeda-beda. Khusus wilayah DKI Jakarta, pemlih hanya mendapatkan 4 surat suara karena DPRD hanya ada satu tingkatan, yaitu tingkat Provinsi.

Sebelum menuju bilik suara, periksa kembali surat suara yang telah ditanda tangani oleh KPPS, dan pastikan surat suara dalam keadaan baik (Tidak rusak atau bolong). Lakukan pemeriksaan terhadap surat suara bersama-sama dengan panitia (KPPS). Setelah memastikan surat suara telah ditanda tangani dan dalam keadaan baik, barulah kita menuju ke bilik suara untuk memulai pencoblosan.

Baca:  Debat Capres II; Sebuah Catatan dari Philips Vermonte

Setiap warna pada 5 (Lima) surat suara mewakili lembaga masing-masing yang terdiri dari; Warna ABU-ABU untuk Memilih Presiden dan Wakil Presiden, Warna Hijau untuk memilih DPRD Kabupaten/Kota, warna Biru untuk memilih DPRD Provinsi, warna  Kuning untuk memilih DPR RI, dan warna Merah untuk memipih DPD RI. Untuk memudahkan proses pemilihan, dahulukan mencoblos surat suara berwarna ABU-ABU untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden. (Red)

RelatedPost

WhatsApp chat